Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Kepulauan Meranti Raih Juara I Penilaian Kinerja Pencegahan Stunting se-Riau
Rabu, 26-05-2021 - 11:47:20 WIB
Saat berlangsungnya teleconference Penilaian Kinerja Pencegahan Stunting se-Provinsi Riau Tahun 2021 yang ditaja oleh Pemerintah Provinsi Riau, Selasa (25/5/2021).
TERKAIT:
   
 

Selat Panjang | Opsinews.com - Kabupaten Kepulauan Meranti barhasil meraih Juara I Penilaian Kinerja Pencegahan Stunting se-Provinsi Riau Tahun 2021 yang ditaja oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Tim Penilai Kinerja Kabupaten Kota Dalam Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Provinsi Riau, Heriyanto, yang juga menjabat Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Litbang Provinsi Riau, melalui teleconference, Selasa (25/5/2021).

Turut menyaksikan Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) Haji Asmar, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol MM, Dirjen Pembinaan Otonomi Daerah Kemendagri yang diwakili oleh Direktur Ditjend Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Ir Budiono Subambang, Kepala Bappeda Provinsi Riau, Dr Emri Juli Harnis dan OPD terkait Pemprov Riau dan kabupaten/kota se-Riau.

Sekedar informasi, penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya diraih Kabupaten termuda di Riau ini setelah sebelumnya berhasil menyabet seluruh kategori penilaian Kinerja Kabupaten Kota Dalam Pelaksanaan 4 aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2020.

Keberhasil ini seperti dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Meranti, dr H Misri Hasanto MKes, tak terlepas dari pelaksanaan Program Strategis Bupati-Wakil Bupati Meranti H Muhammad Adil-H Asmar, yakni "Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati" karena melalui program ini dapat diketahui secara akurat berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat termasuk dibidang kesehatan seperti ibu hamil dan balita sehingga dapat ditanggulangi secara cepat, dan tepat sasaran.

"Karena dari program "Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati Ini" kita sudah memiliki data base permasalahan yang dihadapi masyarakat untuk dituntaskan secara cepat dan tepat sasaran," jelas Misri.

Selain itu juga pelaksanaan Inovasi strategis yang menjadi andalan Kabupaten Meranti yakni posyandu remaja yang diklaim mampu mencegah stunting, melalui program ini para remaja yang nantinya akan menjadi calon ayah dan calon ibu dibina sejak dini terkait bagaimana cara mengasuh dan membesarkan anak dengan baik.

Berkat perannya Posyandu Remaja Meranti ini juga berhasil meraih prestasi sebagai Posyandu Remaja terbaik III nasional. Kini Posyandu Remaja telah menjadi kebijakan daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, dimana setiap desa wajib memiliki Posyandu Remaja sebagai upaya pencegahan stunting sejak dini.

Diminta untuk melakukan ekspos atau pemaparan Pelaksanaan Kinerja Penurunan Stunting di Kabupaten masing-masing yang meliputi proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif untuk pencegahan dan penurunan angka stunting.

Untuk Kepulauan Meranti disampaikan oleh Sekda Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol MM bersama Wakil Bupati AKBP (Purn) H Asmar didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr H Misri Hasanto MKes, Sekretaris Bapeda Randolf serta Kepala OPD terkait lainnya.

Pada kesempatan itu Sekda Kamsol, juga memaparkan berbagai upaya yang dilakukan Pemkab Meranti dalam menekan angka stunting diantaranya adalah, kunjungan ke Posyandu per bulan, manfaatkan KRPL (kawasan rumah pangan lestari) untuk memenuhi gizi keluarga balita, pemanfaatan BPNT bagi keluarga balita stunting, pemanfaatan JKN sebagai jaminan kesehatan keluarga balita stunting, pemanfaatan PAUD bagi balita stunting, cegah stunting dengan sanitasi yang layak bagi masyarakat, pemanfaatan PKH bagi keluarga balita stunting, keikutsertaan ibu hamil kelas parenting, peran serta keluarga pada BKB di desa, pemberian TTD ( tablet tambah darah ) bagi remaja putri, pemberian vitamin A bagi bayi dan balita dan pemberian vitamin A bagi bumil.

Selanjutnya berdasarkan hasil penilaian Tim Panelis Kinerja Kabupaten Kota Dalam Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Provinsi Riau, Kabupaten Kepulauan Meranti berhasil meraih Juara I se-Provinsi Riau dengan skor nilai 84, mengungguli Kabupaten Kampar ditempat kedua dengan skor 76, Rokan Hulu ditempat ketiga dengan skor 76, Rohil keempat dengan skor 72 dan kelima Kabupaten Pelalawan dengan skor 70.

Keberhasil ini dikatakan Misri juga berkat dukungan dan sinergitas dari semua pihak termasuk pihak perusahaan PT Riau Andalan and Paper (RAPP), PT Timah dan Bank RiauKepri dalam bentuk bantuan Program CSR, diantaranya berupa PMT, bantuan modal bagi keluarga desa lokus stunting, dan kegiatan lain di posyandu, sehingga berdampak pada penurunan prevalensi angka stunting di Kabupaten termuda di Provinsi Riau.

sumber:go riau.com




 
Berita Lainnya :
  • Kembalikan Berkas Bacalon Ketum HIPMI Bengkalis, Ini Komitmen Arsya
  • Tingkatkan Pengamanan, Polres Sergai Lakukan Razia di Lokasi Rawan Tindak Kejahatan
  • Sarwono Kepala UPTD Pengelolaan Bus Trans Metro Dishub Pekanbaru Sampaikan Hak Jawab ke Redaksi www.delikhukrim.com
  • Korban Dugaan Penganiayaan Koki Sunda Sampaikan Surat Permohonan Pencekalan Ke polresta Pekanbaru
  • Wan Abu Bakar Hembuskan Isu SARA, Edy Nasution Langsung BAPERAN, Ketua KNPI Riau Bilang ini:
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Kembalikan Berkas Bacalon Ketum HIPMI Bengkalis, Ini Komitmen Arsya
    02 Tingkatkan Pengamanan, Polres Sergai Lakukan Razia di Lokasi Rawan Tindak Kejahatan
    03 Sarwono Kepala UPTD Pengelolaan Bus Trans Metro Dishub Pekanbaru Sampaikan Hak Jawab ke Redaksi www.delikhukrim.com
    04 Korban Dugaan Penganiayaan Koki Sunda Sampaikan Surat Permohonan Pencekalan Ke polresta Pekanbaru
    05 Wan Abu Bakar Hembuskan Isu SARA, Edy Nasution Langsung BAPERAN, Ketua KNPI Riau Bilang ini:
    06 Wartawan Liputan4.com Melaporkan DBS Ke Polres Tebing Tinggi
    07 Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Racka S.A.P.,M.Han Resmikan Mushola Al-Ikhlas Dan Kantor Tim Intel
    08 Polres Siak di sinyalir Tutup Mata & Tutup Telinga,Mafia BBM di SPBU Nomor 14.286.675 Minas Semakin Leluasa
    09 Poktan Imam Hasan Lawan Bupati Tanjung Jabung Barat Dan PT. DAS Disidang PTUN Jambi
    10 Kasus SPPD Fiktif Tahun 2016 Zaman Muflihun Segera di Bongkar, TFT Saja Masuk Penjara!
    11 Tugu PON Hilang Tanpa Jejak, Ketua KNPI Riau: "di Bangun Pada T.A: 2011, Lenyap Tahun 2024"
    12 Puluhan Pengunjuk Rasa Dikantor PDI-P Jakarta Pusat, Meminta Megawati Segera Memberhentikan Zukri Sebagai Ketua PDI-P Riau
    13 Kasus Korupsi Ratusan Milyar di Kuansing, Larshen Yunus: Proyek dari KLHK Tentang Reboisasi"
    14 PENGAJUAN 1 (SATU) PERKARA UNTUK DILAKUKAN PENGHENTIAN PENUNTUTAN BERDASARKAN KEADILAN RESTORATIF JUSTICE DISETUJUI OLEH JAMPIDUM KEJAKSAAN AGUNG RI
    15 Bupati Kasmarni: Jangan Mudah Percaya Terkait SE Penempat Tenaga Kesehatan dan Peresmian RSUD Rupat Utara 'HOAKS'
    16 KASUS PENYIMPANGAN PENGELOLAAN ANGGARAN PADA SEKRETARIAT DPRD PROVINSI RIAU PERIODE SEPTEMBER - DESEMBER 2022 AKHIRNYA DI TAHAN 1 ORANG ATAS DUGAAN TIPIKOR
    17 Evaluasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah Tri Wulan IV, Pj. Walikota Tebing Tinggi Paparkan Capaian Kinerja
    18 Bupati Afrizal Sintong Kukuhkan DPD Persatuan PPPKRI Kabupaten Rohil Masa Bakti 2024-2029
    19 Kasus Penipuan Warga 200 Juta Rupiah, Ketua KNPI Riau Segera Penjarakan Istri Oknum Polisi ini
    20 TMMD Ke-120 Kodim 0301/Pbr Laksanakan Kegiatan Penyuluhuan Hukum dan Narkoba
    21 Puluhan Warga Bandar Utama Tebing Tinggi Demo Membawa Poster dari Kertas Karton Bertuliskan
    22 DPP Perindo dan Gerindra Rekomendasikan Irdian Saragih sebagai Calon walikota, Perindo Tebing Tinggi Siap All Out Untuk Menangkan
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik