Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Pihak PLN BELUTU di Sinyalir Tutup Mata, Kabel TV Kabel Dan WIFI Tetap Bergantungan Ditiang PLN
Senin, 11-03-2024 - 08:58:52 WIB
TERKAIT:
   
 

Kandis Siak, Riau. OPSINEWS.COM-
Perusahaan layanan TV kabel serta WiFi. kini makin leluasa di kecamatan kandis Seperti terpantau dijalan raya lintas sumatera jalinsum Km 74 Pekanbaru, Duri juga kelurahan Kandis kota Pasar Minggu diduga tidak mengikuti SOP yang telah di terbitkan oleh peraturan perusahaan Pemerintahan Republik Indonesia. Sabtu 09/04/2024.

Ketua DPD.SPI Solidritas Pers Indonesia Kabupaten Siak Provinsi Riau.
Dewa Napitupulu di saat ditanya Awak Media Mengenai banyaknya Titik-Titik sumber penyaluran.TV kabel serta WiFi yang telah menumpang  pada tiang-tiang listrik Init PLN Belutu yang Berkantor di Km 71. kelurahan Simpang belutu kecamatan Kandis kabupaten Siak propinsi Riau.

Dewa Minta Tegas Agar Pihak PLN BELUTU Menindak  Pengusaha TV Kabel Dan WIFI yang Memfaatkan  Tiang PLN untuk Memperlancar Bisnisnya dan keuntungan yang besar tanpa memikirkan resiko dan Bahaya yang  mengancam hidup orang lain.

Jelas Dewa Napitupulu Bahwa Perusahaan tersebut telah menjalankan bisnis program siaran Televisi TV kabel serta jaringan WiFi diduga kuat melakukan secara illegal.Hal tersebut terbukti dengan temuan sejumlah tiang-tiang listrik yang di manfaatkan oleh pihak.TV. kabel untuk memasang jaringan kabel mereka.

",Penyedia layanan.TV kabel.serta WiFi mendistribusikan siaran Televisi kepada pelanggan melalui jaringan kabel yang mereka tautkan pada tiang-tiang listrik milik dari unit.PLN. Belutu .

"Ketika seorang awak media wartawan mempertanyakan Prihal tersebut dan memintai keterangan dari pihak PLN Unit Belutu tersebut
di duga sangat di sayangkan tidak bisa memberi keterangan yang lebih jelas dan susah untuk di hubungi.

Namun selang berapa menit kemudian awak media mencoba untuk menghubungi kembali dari pihak perusahaan  Unit.PLN. Belutu Kandis mengatakan ke Awak media  Jabatan Humas atas nama.pak.Buyung,G. alias pak.Buyung yang saat ini keberadaan nya lagi di Pekanbaru melalui telepon selulernya mengatakan  bahwa  Sebenarnya  kami pun sudah mencoba berulang kali melakukan peneguran ke pihak pengusaha tv kabel WiFi tersebut. Namun pengusaha TV.serta.WiFi tersebut ,Tapi  sampai saat ini tetap Membandel ujar.pak.Buyung, Bersama pak.humas.m.Rivad Rusadi.up3.

Dan mencoba untuk menghubungi kembali dari salah satu rekan pekerja dari pihak pelistrikan PLN blutu nya lagi atas nama pak.amruh.mengatakan.iya pak ada apa Jawabannya ? dan mengatakan ke Awak media wartawan ( oo, untuk penjelasan terkait masalah tv kabel serta WiFi tersebut ya jawab nya (kalau untuk penjelasan nya itu saya kurang tau pak ujarnya.pak amruh Memberikan penjelasan nya seperti diduga simpang siur terhadap wartawan tentang keberadaan perusahaan jaringan TV kabel dan WiFi tersebut ada apa ya ? .

Selama ini dari pihak perusahaan.TV. kabel telah menfaatkan aset negara tanpa hak dan tidak memiliki izin diduga tindakan yang telah di lakukan oleh pihak perusahaan.TV.kabel tersebut telah melanggar undang undang peraturan Pemerintahan perusahaan negara republik Indonesia

",Dan Diduga bahwa selama ini pihak TV kabel sudah memanfaatkan aset negara tanpa hak dan diduga tidak memiliki izin serta Tindakan yang telah dilakukan oleh perusahaan TV kabel tersebut sudah melanggar Undang -undang Nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan, yang tercantum pada BAB XI Pasal 45, ayat 2, 3, dan 4.

"Diduga Perusahaan pelayanan TV Kabel tersebut telah menggunakan tiang listrik tanpa hak dari perusahaan penyedia layanan TV Kabel tersendiri yang di gunakan untuk melakukan Pemasangan tersendiri.

",Di dalam aturan tidak boleh ada benda lain yang melekat pada tiang dan kabel listrik, yang akan menyebabkan gangguan dari jaringan listrik dan dari keselamatan atas nyawa meskipun
berpotensi menganggu jaringan listrik dan keselamatan nyawa sosial.

Dari hasil lapangan tidak terlihat adanya upaya penindakan pembersihan jaringan illegal ini oleh pihak hukum manapun

Disisi lain peran pemerintahan dan pemerintah daerah  juga dipertanyakan, seperti yang diamanatkan oleh Undang-undang nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan, tercantum dalam pasal 46 ayat 1, 2, 3, dan 4.

Dalam.UU.ini dijelaskan pemerintahan memiliki peran penting dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap usaha penyedia tenaga listrik yaitu dalam perusahaan ke PLN Kelistrikan dan dalam hal ini pemerintah memiliki tugas memberikan sangsi administratif terhadap pelanggaran ketentuan perizinan.

Disamping itu dewa Napitupulu yang merupakan ketua DPD.SPI.Solidritas pers Kabupaten Siak propinsi Riau , sekaligus merangkap sebagai pengurus organisasi perwadahan Pers dan juga Pemilik Media menjelaskan bahwa tindakan perusahaan penyedia layanan TV Kabel tersebut.
diduga illegal dan tidak dibenarkan secara hukum sebab akan berdampak terhadap gangguan kelistrikan dan keselamatan orang.dan Bidang Pelayanan Publik PLN BELUTU selama ini juga sangat terganggu adanya Kabel yang Bergantungan di tiang PLN tersebut. kalau ada perbaikan Sulit untuk Kami Memperbaiki Ujar.indra.s. dengan tegas.

Dan menjelaskan, kalaupun ada bentuk kerjasama antara penyedia layanan TV-kabel dengan pihak unit. PLN atau pihak terkait juga harus berdasarkan ketentuan hukum sebagaimana yang diatur dalam PP No. 27 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Aset Negara dan PMK No. 57 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Penyewaan Aset Negara.

Terkait beberapa temuan media dilapangan rekan-rekan Pers dan
untuk menyurati secara resmi dan mendesak segera unit.PLN.tersebut
untuk mencopot semua kabel-kabel yang ada di tiang PLN yang secara aturan hukum dan teknis tidak boleh ada pada tiang tersebut. Surat yang kita sampaikan akan kita tembuskan kepada pihak-pihak terkait termasuk kepada pihak pemerintahan pusat Republik Indonesia.

Dengan ini kami meminta kepada pihak pemerintahan provinsi pusat serta kabupaten dan dinas perijinan tata usaha apapun agar kiranya segera menindaklanjuti prihal tersebut dikarenakan bakal mengundang
dari segala kefatalan kebahayaan buat pekerja perbaikan kelistrikan di tutup
Karena tidak mengikuti SOP yang ada.
(Tim)




 
Berita Lainnya :
  • Kembalikan Berkas Bacalon Ketum HIPMI Bengkalis, Ini Komitmen Arsya
  • Tingkatkan Pengamanan, Polres Sergai Lakukan Razia di Lokasi Rawan Tindak Kejahatan
  • Sarwono Kepala UPTD Pengelolaan Bus Trans Metro Dishub Pekanbaru Sampaikan Hak Jawab ke Redaksi www.delikhukrim.com
  • Korban Dugaan Penganiayaan Koki Sunda Sampaikan Surat Permohonan Pencekalan Ke polresta Pekanbaru
  • Wan Abu Bakar Hembuskan Isu SARA, Edy Nasution Langsung BAPERAN, Ketua KNPI Riau Bilang ini:
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Kembalikan Berkas Bacalon Ketum HIPMI Bengkalis, Ini Komitmen Arsya
    02 Tingkatkan Pengamanan, Polres Sergai Lakukan Razia di Lokasi Rawan Tindak Kejahatan
    03 Sarwono Kepala UPTD Pengelolaan Bus Trans Metro Dishub Pekanbaru Sampaikan Hak Jawab ke Redaksi www.delikhukrim.com
    04 Korban Dugaan Penganiayaan Koki Sunda Sampaikan Surat Permohonan Pencekalan Ke polresta Pekanbaru
    05 Wan Abu Bakar Hembuskan Isu SARA, Edy Nasution Langsung BAPERAN, Ketua KNPI Riau Bilang ini:
    06 Wartawan Liputan4.com Melaporkan DBS Ke Polres Tebing Tinggi
    07 Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Racka S.A.P.,M.Han Resmikan Mushola Al-Ikhlas Dan Kantor Tim Intel
    08 Polres Siak di sinyalir Tutup Mata & Tutup Telinga,Mafia BBM di SPBU Nomor 14.286.675 Minas Semakin Leluasa
    09 Poktan Imam Hasan Lawan Bupati Tanjung Jabung Barat Dan PT. DAS Disidang PTUN Jambi
    10 Kasus SPPD Fiktif Tahun 2016 Zaman Muflihun Segera di Bongkar, TFT Saja Masuk Penjara!
    11 Tugu PON Hilang Tanpa Jejak, Ketua KNPI Riau: "di Bangun Pada T.A: 2011, Lenyap Tahun 2024"
    12 Puluhan Pengunjuk Rasa Dikantor PDI-P Jakarta Pusat, Meminta Megawati Segera Memberhentikan Zukri Sebagai Ketua PDI-P Riau
    13 Kasus Korupsi Ratusan Milyar di Kuansing, Larshen Yunus: Proyek dari KLHK Tentang Reboisasi"
    14 PENGAJUAN 1 (SATU) PERKARA UNTUK DILAKUKAN PENGHENTIAN PENUNTUTAN BERDASARKAN KEADILAN RESTORATIF JUSTICE DISETUJUI OLEH JAMPIDUM KEJAKSAAN AGUNG RI
    15 Bupati Kasmarni: Jangan Mudah Percaya Terkait SE Penempat Tenaga Kesehatan dan Peresmian RSUD Rupat Utara 'HOAKS'
    16 KASUS PENYIMPANGAN PENGELOLAAN ANGGARAN PADA SEKRETARIAT DPRD PROVINSI RIAU PERIODE SEPTEMBER - DESEMBER 2022 AKHIRNYA DI TAHAN 1 ORANG ATAS DUGAAN TIPIKOR
    17 Evaluasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah Tri Wulan IV, Pj. Walikota Tebing Tinggi Paparkan Capaian Kinerja
    18 Bupati Afrizal Sintong Kukuhkan DPD Persatuan PPPKRI Kabupaten Rohil Masa Bakti 2024-2029
    19 Kasus Penipuan Warga 200 Juta Rupiah, Ketua KNPI Riau Segera Penjarakan Istri Oknum Polisi ini
    20 TMMD Ke-120 Kodim 0301/Pbr Laksanakan Kegiatan Penyuluhuan Hukum dan Narkoba
    21 Puluhan Warga Bandar Utama Tebing Tinggi Demo Membawa Poster dari Kertas Karton Bertuliskan
    22 DPP Perindo dan Gerindra Rekomendasikan Irdian Saragih sebagai Calon walikota, Perindo Tebing Tinggi Siap All Out Untuk Menangkan
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik