Sosbud 

Vincentius Awey di Grebeg Suro Pagesangan

SURABAYA – Perayaan semarak penyambutan hadirnya bulan Suro atau Muharram dengan tradisi Grebeg Suro sekaligus menggelar Kirap Barongan Jepaplokan. Warga kelurahan Pagesangan Kecamatan Jambangan kota Surabaya. Menyambut dengan kegembiraan dan rasa syukur kepada yang Maha Kuasa. Dengan mengadakan pertujukan Akbar, Spektakuler. Warga kelurahan Jambangan menggelar Pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan 19 dalang yang profesional dari beberapa kota di Jatim, dan atraksi seni lain nya yang di sajikan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Termasuk Jaranan, Barongan, Tari Remo masal dan khususnya wayang kulit.
Kirab mempertunjukkan Seni tari Jaranan (kuda lumping), Barongan (Jepaplokan). Sedangkan rute yang dilalui adalah Mengelilingi kelurahan Pagesangan dengan route yg di tentukan panitia hingga kembali lagi ke Aloon-aloon (lapangan) Pagesangan. Disepanjang jalur yang dilalui, masyarakat begitu antusias bersama seluruh elemen tampak menyambut mesra jalan yang dilalui.
“Ini adalah agenda rutin masyarakat Pagesangan menyambut bulan Suro dalam penanggalan Jawa atau Muharram dalam kalender Islam, insya Allah tahun depan lebih meriah lagi”, ujar koordinator LPMK, didampingi beberapa panitia pagelaran kelurahan. Tampak pula hadir Vincentius Awey yang lebih akrab di panggil Awey, anggauta dewan kota Surabaya. Ikut berbaur dengan masyarakat dan awak Media duduk bersila (lesehan) sambil menikmati Kopi pahit menyaksikan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.
Vincentius Awey adalah Calon Legeslatif yang akan mencalon DPR RI dapil 1 jatim ( Surabaya – Sidoardjo ), melalui Partai Nasdem. Dalam sambutannya mengatakan, “Saya hadir disini tidak mewakili siapa siapa, tapi saya mengapresiasikan untuk warga Pagesangan. Semoga dengan Uri uri Budaya Grebeg Suro ini, warga Pagesangan di Rahmati oleh Allah SWT. Terus tumbuh kembangkan budaya leluhur kita agar bisa membangun Martabat Bangsa”, ujarnya. (C san)

Related posts

Leave a Comment