Sosbud 

Sedekah Bumi 2018 Kelurahan Dukuh Pakis

SURABAYA – Di tengah kota Metropolis Surabaya Masyarakatnya yang masih mengelar Sedekah Bumi, Kelurahan Dukuh Pakis, Kecamatan Dukuh Pakis, Kota Surabaya setiap tahunnya tepatnya di bulan Muharam (SURO) menyelenggarakan Sedekah Bumi,tanda rasa Syukur warga Dukuh Pakis atas limpahan Rezeki dari Allah SWT.
Bersih Desa 2018 di ikuti Masyarakat dan para RT/RW Se Kelurahan Dukuh Pakis, di Meriahkan dari beberapa Lomba Bola Volly,Bulu Tangkis,Catur, Tenis Meja Tingkat RW, Kirim Doa Pengajian (Ruanggaturi) hingga Karnaval ngarung Tumpeng Agung hasil Bumi dan Acara Puncak Wayang Kulit Semalam Suntuk.
Sambutan Ketua Panitia H, Supriadi, juga Ketua LPMK tanda Syukur kita bagi yang mempunyai Rezeki bisa menyisihkan untuk membantu kelancaran Bersih Desa ini, Anggaran kegiatan ini dari Swadaya Warga dukuh pakis,maka dengan Semboyan bersih desa ini dari Masyarakat untuk masyarakat dan semoga di tahun kedepan bisa lebih meriah lagi. Pak Lurah Nanang Sugianto acara Bersih Desa ini adalah hal yang positif dan saya sangat bangga karna di Kota sebesar ini dan jaman yang seperti ini (Melinium) masyarakatnya masih mau melestarikan Budaya Bersih Desa tanda Syukur atas Limpahan Rezeki dan membentengi diri nguri nguri Budaya Jawa, ini mencerminkan Budaya Bangsa Indonesia terutama Dukuh Pakis,dengan adanya kegiatan seperti ini bisa muncul Kebersamaan Kerukunan sesama Warga, dalam kegiatan ini saya minta jangan berhenti sampai disini jalin terus tiap tahun lanjut Nanang Pangilan Lurah Dukuh Pakis yang akhir bulan Desember ini akan (Purna) Pansiun.
Pagi ini 16-9-2018 Kirab Tumpeng Agung dan Tumpeng dari Masyarakat yang berjumlah 199 Tumpeng terdiri dari Tumpeng Nasi,buah dan Polopendem, hingga di nikmati bersama sama semua pengunjung dan di lanjutkan Wayang kulit siang dari dalang Mojokerto dan malam harinya di lanjut Wayang Kulit Semalam Suntuk. (Handang)

Related posts

Leave a Comment