Jendela 

Gema Musik Patrol Iringi Sahur

SURABAYA – Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana pada saat ini umat muslim seluruh dunia melakukan ibadah puasa. Banyak sekali pahala yang didapatkan pada bulan suci ini. Mulai dari shalat tarawih, tadarus qur’an, selain itu makan sahur juga dilakukan di bulan puasa sebagai salah satu sunnah dalam menunaikan ibadah puasa. Terkadang kita malas makan sahur karena berbagai macam alasan seperti malas bangun, ngantuk, dll.
Selain agar kita lebih kuat dalam berpuasa, banyak keberkahan dalam menjalankan sahur, oleh karena itu haruslah kita memaksakan diri bangun di sepertiga malam untuk makan sahur dan menjalankan sunnah lain seperti sholat tahajud.

Jumat, 18 Mei 2018 tak lepas dari itu adapula suatu kebiasaan anak anak yang berumur belasan tahun melakukan patrol sahur keliling kampung saat menjelang melaksanakan sahur yaitu mulai pukul 02:30 hingga pukul 03:00, dengan tujuan untuk membangunkan orang yang masih tidur untuk melakukan sahur. Mereka melakukan Keliling kampung sambil  membunyikan alat kentongan yang terbuat dari bambu. ada pula yang membawa ember dan botol untuk menciptakan bunyi yang bervariasi. Menurut penuturan Hisam (10)  melakukan patrol sahur keliling sangat menyenangkan di samping menurutnya dapat pahala, dan juga takut ada orang yang masih tidur dan terlambat untuk melakukan sahur, ujarnya lugu. (Kkh)

Related posts

Leave a Comment