OPSI JATIM 

Desa Kludan Menggelar Ruwat Desa untuk Melestarikan Budaya di Tengah Gempuran Madernisasi

Kepala Desa Kludan Bapak Maksun dan Sekertaris Desa sedang makan tumpeng bersama tamu yang lainnya

SIDOARJO – Pemerintahan Desa Kludan Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo pada hari minggu (6/5) lalu menggelar acara ruwat desa di halaman balai desa setempat. Acara tersebut dilakukan warga sebagai bentuk perwujudan rasa syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberkahanya. Hingga saat ini masyarakat di desa Kludan masih menjalankan tradisi nenek moyang yang telah berjalan sejak puluhan tahun yang lalu. Tradisi yang di maksud adalah berupa upacara ruwat desa yaitu ritual manifestasi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkah yang telah di peroleh dari hasil bumi. Tujuannya selain rasa Syukur tadi sekaligus sebagai tindakan tolak balak dan penghormatan terhadap para leluhurnya.
Acara tersebut di meriahkan dengan berbagi hiburan. Bertempat dengan hari kartini para ibu – ibu PKK mengadakan lomba gashion, puisi dan menyanyi lagu perjuangan yang dilakukan sebulan sebelumnya ( 10/4 ) yang di ikuti 70 – 75 peserta PKK. Selanjutnya pada hari minggu pagi (6/5) lalu para warga mengadakan selamatan dengan membuat tumpeng untuk di nikmati bersama – sama. Kemudian sore harinya membuka bazar dan di iringi dengan patrol. Pada malam harinya acara tersebut ditutup dengan pagelaran wayang kulit. Acara tersebut selain disaksikan oleh masyarakat setempat di hadiri juga oleh tamu undangan antara lain Camat, Kapolsek, Danramil, BPD, RT, RW dan tokoh masyarakat. Acara yang berlangsung sehari semalam berjalan lancar karena bentuk kerja sama antar masyarakat Kludan.
Para tamu undangan dan masyarakat Kludan sangat antusias menyaksikan pagelaran wayang kulit ini yang di dalangi oleh Ki Parno dari Krembung. Di tengah modernisasi dan arus globalisasi yang sulit untuk di bendung, ruwat desa tentu saja mengharap kepunahan. Jika masyarakat tidak dapat bekrja sama dengan baik untuk mempertahankan tradisi nenek moyang tetsebut. (Awi/DL)

Related posts

Leave a Comment