OPSI JATIM 

SDN Saronggi 1 Respon Positif Program “Rujukan Mutu” di Kab. Sumenep

SUMENEP, www.opsinews.com – Untuk mewujudkan mutu pendidikan lebih baik dan efisien Pemerintah pusat melalui kementerian pendidikan memberi progaram rujukan mutu terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten  Sumenep. Program tersebut akan ditujukan terhadap semua kabupaten, kota atau di setiap daerah di tetapkan sekolah rujukan mutu sesuai dengan amanah Kementrian. Kabupaten Sumenep adalah Kota yang di minta untuk mengembangkan program tersebut. Menindak lanjuti program SEKOLAH RUJUKAN MUTU Kabupaten Sumenep sudah mendapatkan program tersebut sejak tahun 2017 kemarin, yang kebetulan hanya ada liama sekolah dasar negeri yang ada di beberapa kecamatan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Di tahun 2018 juga mengagendakan program untuk pelaksanaan kegiatan SEKOLAH RUJUKAN MUTU yang di maksud. Tujuannya adalah memperkuat sekolah dalam rangka meraih mutu prestasi pendidikan dengan berbasis aiti. Dengan harapan kedepannya sekolah-sekolah yang di tetapkan sebagai Sekolah Rujukan Mutu menjadi pusat sharing dalam rangka kompetensi, keahlian,kemampuan minimal sebagai sekolah terdekat dari sekolah yang telah di tetapkan. Di Kab. Sumenep pada tahun 2018 ini telah menunjuk dan menetapkan sebanyak 8 Sekolah Rujukan Mutu kecamatan. Di antaranya: 1. SDN. SARONGGI, 2. SDN. KALIANGET TIMUR, 3. SDN. TALANGO, 4. SDN. BABAN, 5. SDN. PRAGAAN LAOK, 6. SDN. LENTENG TIMUR, 7. SDN. BATUAN, 8. SDN. KERTA TIMUR DASUK
Dan sekolah-sekolah tersebut nantinya akan menjadi pusat sharing dalam rangka mengawal mutu-mutu pendidikan. Rencananya pada tahun 2020 semua Kecamatan di Kab. Sumenep akan ada paling tidak satu sekolah Rujukan Mutu untuk mengawali sharing dalam rangka berbagi pengetahuan dan kemampuan serta kompetensinya guna meraih mutu pendidikan.
Berdasarkan ketentuan kementrian indikator itu paling tidak ada 2 yaitu: 1. penguatan tata pengelola aksesnya, 2. peningkatan mutu pendidikan. Sesuai dengan ketentuan itu Kab. Sumenep melakukan program-program itu dalam rangka memberikan respon. Jawaban terhadap kebutuhan guna terwujudnya kualitas mutu pendidikan secara bertahap.

Menurut Kepala Sekolah SDN. SARONGGI 1, Lilik Setiowati S.Pd. SD “Bahwa setiap tahunnya selalu mengirim siswa/siswi untuk mengikuti lomba cerdas cermat dan selalu mendapat juara 1 atau 2 tingkat Kecamatan Saronggi setempat. Serta dengan adanya fasilitas yang lengkap salah satunya yaitu WIFI  dimana dengan adanya fasilitas tersebut lebih mudah untuk mengakses pelajaran”. ungkapnya. Lilik berharap agar program tersebut lebih bermanfaat lagi demi terwujudnya anak – anak bangsa yang cerdas”. (AJ)

 

Related posts

Leave a Comment