OPSI JATIM 

Pemkab Juga Berencana Memindahkan Kantor Ini Ke Wilayah Bangil

PASURUAN – Sudah ditetapkan menjadi ibu kota Kabupaten Pasuruan pada pertengahan 2016 lalu. Pelan” tapi pasti, Pemkab Pasuruan memindahkan kantor organisasi perangkat daerah (OPD) ke Bangil. Termasuk kantor sekretariat Kabupaten Pasuruan yang ada di Jalan Hayam Wuruk, Kota Pasuruan. Hal tersebut diungkapkan Agus Sutiadji, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan. Menurut Sekda, bahwa di tahun 2018 ini dipastikan memang tidak ada pembangunan gedung baru di Bangil termasuk pemindahan kantor Pemerintahan. “Belum ada rencana pemindahan, termasuk tahun 2019 masih belum pasti,” terangnya.

Kendati sudah ada musrenbang tahun 2019, namun dikatakan musyawarah masih berupa program-program dan masih mengerucut sampai bulan Juni 2018 mendatang. Agus mengatakan terkait pemindahan masih harus menunggu hasil pemilihan Bupati dan dilantiknya pemimpin yang baru. Agus mengatakan setelah Bangil ditetapkan sebagai ibu kota maka kantor pemerintahan memang wajib pindah ke Bangil. “Karena pusat sudah di Bangil, maka nanti semua kantor harus di Bangil seperti kantor Bupati, Sekretariat pemerintahan juga harus di Bangil,” terangnya.

Namun memang dibutuhkan dana yang cukup besar untuk memindahkan kantor kesekretariatan dari Hayam Wuruk, Kota Pasuruan ke Kecamatan Bangil. Ini lantaran di Kantor pemkab saat ini tidak hanya dipakai sebagai Kantor Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah juga asisten Bupati. Tapi juga ada kantor staf ahli, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan juga Badan Keuangan Daerah dan Badan Kepegawaian Dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah. Sehingga dibutuhkan perencanaan matang untuk rencana pemindahan kantor kesekretariatan di Jalan Hayam Wuruk. “Wah, kalau hal tersebut masih belum dipikirkan karena pasti masih lama dan baru dipikirkan kalau sudah pasti pindah,” terangnya.  (indra/han)

 

Related posts

Leave a Comment