Nusantara 

Universitas Airlangga Surabaya Siap Menggelar UTBK

 Surabaya, opsinews.com – Universitas Airlangga (Unair) akan menggelar ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sebagai syarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Teknisnya, mereka akan terbagi dalam dua gelombang ujian dan sebanyak 13.856 calon mahasiswa akan mengikuti ujian pada gelombang pertama sisanya akan mengikuti gelombang kedua.

Kapasitas ruangan untuk UTBK gelombang pertama hanya menyisakan 1 hingga 2 kursi sedangkan pada gelombang kedua, sudah sudah ada 87,7 persen dari jumlah total peserta UTBK yang mengisi tempat. Rektor Universitas Airlangga Prof M. Nasih mengatakan, ujian tersedia dalam dua sesi yaitu pagi dan siang hari. Teknis pelaksanaan seperti itu akan berlangsung hingga akhir UTBK pada Mei mendatang. Selama pelaksanaan UTBK, Unair telah menyiapkan semua fasilitas ujian mulai dari komputer, server, hingga 80 personel pengawas ujian yang akan stand by pada tiap gelombang.

“Insya Allah tidak ada masalah, kami libatkan banyak pihak. Semua sudah kami cek,” terang Nasih.

Unair bekerja sama dengan empat perguruan tinggi lainnya dan telah menyiapkan 13 ribu unit komputer. Unair menyediakan 1.085 unit, Universitas Muhammadiyah Surabaya 75 unit, Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) 50 unit, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag) 100 unit dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) 180 unit.

“Kami harap masyarakat, terutama calon mahasiswa untuk menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” tambah Nasih.

Tentang tata tertib, Nasih menghimbau peserta agar datang ke Unair pada pukul 07.30 WIB atau 30 menit sebelum ujian berlangsung, sehingga para peserta dapat melakukan persiapan termasuk mengecek tempat duduk. Peserta yang datang lebih dari pukul 08.00 WIB tidak akan diperbolehkan mengikuti ujian. Selain itu, peserta juga dilarang membawa alat tulis, alat komunikasi, kertas, dan peralatan lainnya karena panitia menyiapkan alat tulis dan kertas untuk menghitung yang di gunakan peserta UTBK.

“Terkait pembuatan soal kami tidak terlibat, semua soal UTBK berasal dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT),” jelasnya. (Jamal)

Related posts

Leave a Comment