Nusantara 

Sedekah Bumi “Sumur Kendal” Kelurahan Ronggomulyo

Tuban, opsinews.com – Ruwatan desa atau sedekah bumi Kelurahan Ronggomulyo “Sumur Kendal” RT 03 RW 09 gang Wijaya Kusuma rutin di laksanakan wulan ruwah tepatnya setahun sekali. Acara dibuka oleh Bapak Kasnji (lurah), Bapak Karsidan (RW), Bapak Subekti (RT), tokoh masyarakat, muspika dan warga Kelurahan Ronggomulyo Kabupaten Tuban.

Acara tradisi sedekah bumi desa atau Kelurahan Ronggomulyo meliputi makan bersama (manganan), kesenian sindir tarian dan gamelan yang di pimpin pramugari Bapak Yuli atau Bapak Edy Ronggo. Aspirasi Bapak Kasnji (Lurah) agar budaya adat sedekah bumi tetap di lestarikan dan di pelihara supaya warga atau masyarakat Kelurahan Ronggomulyo guyub, rukun dan saling bergotong-royong. Aspirasi warga atau masyarakat adalah agar kegiatan sedekah bumi menjadi adat keharmonisan masyarakat kelurahan Ronggomulyo.

“Sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Allah SWT, junjungan Nabi besar Muhammad SAW dan leluhur yang telah mengenalkan adat jawa yaitu ruwatan desa atau sedekah bumi yang diadakan setiap satu tahun di bulan ruwah,” tutur salah satu warga Kelurahan Ronggomulyo. (Willy K)

Related posts

Leave a Comment