Opini 

Puluhan Mahasiswa Unair Menggelar Aksi Demo Tolak Kenaikan UKT

Surabaya, opsinews.com – Puluhan mahasiswa unair gelar aksi tolak kenaikan UKT yang berlangsung di Gedung Rektorat Kampus C Unair, Rabu (24/04/2019).

Aksi tersebut dilaksanakan dengan tujuan adanya penghapusan tentang sistem UKT 4B bagi mahasiswa baru yang telah dibuat, BEM Fakultas Unair masih terus akan menolak kenaikan UKT bagi para mahasiswa baru angkatan 2019. Sebagaimana UKT 4B adalah sistem baru yang sangat mudah untuk pembayaran mahasiswa baru 2019 di jenjang UKT 4. Rektor Unair menegaskan, setelah mendengar masukan dari mahasiswa, pihak rektorat sepakat untuk menghapuskan sistem ini.

Beberapa mahasiswa tetap menggelar demo meski telah ada audiensi di waktu bersamaan. Ketua BEM fakultas unair mengaku adanya perbedaan persepsi di kalangan mahasiswa, seperti pihak BEM Unair yang meminta aksi demo dilaksanakan di luar Gedung Rektorat dimana hal itu berseberangan dengan massa. Aksi itu menegaskan tuntutan mereka, yaitu menolak kenaikan UKT bagi mahasiswa baru 2019 dikarenakan kenaikan UKT yang tidak rasional hampir 10 kali lipat dari UKT awal. Setelah kenaikan UKT ini gol 1 kisaran 0 -2,4 juta per semester, gol 2 kisaran 4 – 10 juta per semester, gol 3 6 – 15 juta per semester, gol 4 9 – 25 juta per semester.

Sementara itu, menurut Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih menyatakan hal tersebut hanyalah terkait perbedaan sistem pembayaran. Dimana untuk UKT 4, terbagi dalam dua sistem pembayaran yaitu UKT 4A dan 4B. UKT 4A  dengan sistem pembayaran sesuai nominal UKT 4 yang telah diatur, sementara untuk UKT 4B sistem pembayarannya terbagi dalam uang kuliah awal (UKA) dan uang kuliah semester atau UKS. Pembayaran UKS yaitu sejumlah UKT golongan 3 dan UKA yang harus dibayarkan adalah selisih UKT golongan 3 dengan golongan 4 dikali 8 semester yang dibayar di muka. Pihaknya pun memberikan pengajuan keringanan pembayaran UKT jika terdapat data pendukung. (Ar/red)

Related posts

Leave a Comment