Peristiwa 

Pemotongan Dana Jaspel Kepala Puskesmas Diamankan Ditreskrimum Polda Jatim

Surabaya, opsinews.com – Polda Jatim Subdit 111 Tipikor Ditreskrimum telah mengamankan kepala Puskesmas Widang Tuban Jawa Timur terkait pemotongan dana jasa pelayanan kesehatan (Jaspel).

Operasi tangkap tangan (OTT) Puskesmas Widang yang di pimpin oleh AKBP Rama berhasil mengamankan barang bukti dana Rp 171 juta, 1 bendel SPJ JKN bulan juli 2018 hingga febuari 2019, 1 bendel dokumen pemotongan dana jaspel, 4 buah handphone, 2 buah buku rekening serta 1 laptop.

Terkait bukti terdapat blangko pemotongan masing – masing pegawai dari 36 pegawai yang di lakukan oleh kepala Puskesmas Widang 40% hasil pemotongan masuk ke rekening kepala puskesmas dan untuk 60% lainnya di gunakan untuk kepentingan lain dan akan di kembangkan lebih lanjut.

“Untuk sementara waktu tidak di lakukan penahanan karena jasa pelayanan kesehatan tersebut lebih penting dan tenaga yang bersangkutan masih di butuhkan. Terdapat dua orang yang di jadikan tersangka dan dalam penyidikan lebih lanjut terkait saksi saksi,” ujar Kabid Humas Kombes Pol Achmad Yosep Gunawan.

“Dana jaspel menurut Permenkes di berikan sesuai kinerja jam kerja masuk pegawai, jam pelayanan yang bersangkutan. Ketika dana jaspel sudah turun dan di terima oleh pegawai perbulan tersangka inisial (SP) membuat perincian perhitungan masing masing jaspel pegawai di potong, untuk pemotongan nominal bervariasi. Dari situlah yang di gunakan inisial (M) melakukan penagihan terhadap pegawai dan di serahkan bendahara masuk ke penampungan rekening yang sudah di sita. Pemotongan dana jaspel yang di lakukan inisial (SP) itu secara paksa, karena masing – masing pegawai membuat surat keberatan yang di sertai materai. Maksud dan tujuan (SP) untuk operasional, kunjungan dari dinas dan dana ini masih di dalami terlebih dahulu,” tutur AKBP Rama saat press release di Polda Jatim. (Irfan)

Related posts

Leave a Comment