Nusantara 

MERAIH PENGHARGAAN ADIPURA KE 10 PEMKAB SUMENEP MENGADAKAN KIRAB

Sumenep, opsinews.com – Untuk yang ke 10 pemkab sumenep mendapatkan penghargaan Adipura , bertempat di halaman kantor Bupati. Apel gabungan gelar acara Seremonial Penyerahan Penghargaan Adipura dari Wakil Bupati, Achmad Fauzi kepada Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, Bupati Sumenep, Jawa Timur.

Kabupaten Sumenep sendiri merupakan kota kecil yang memiliki 126 kepulauan serta kebudayaan dan tempat wisatanya merupakan tujuan dari pemkab sumenep menjadi kota wisata tujuan baik lokal maupun mancanegara sehingga aspek lingkungan dan dan kesehatan menjadi priroritas utama dalam program pemerintah, agar masyarakat yang ada di wilayah kabupaten sumenep merasa memiliki dan sehingga terciptalah lingkungan yang bersih dan asri.

Dalam sambutannya bupati mengatakan, semua lapisan masyarakat patut bersyukur bahwa Kabupaten Sumenep bisa mempertahankan penghargaan adipura. Sebab sistem penilaian adipura sangatlah kompleks tidak hanya penilaian aspek lingkungan semata melainkan termasuk aspek ekonomi, sosial, pemberdayaan masyarakat dan tata kelola pemerintah daerah.

“Kami (Pemkab Sumenep) mempersembahkan penghargaan anugerah adipura itu, kepada seluruh masyarakat, sebab keberhasilan meraih anugerah adipura hingga sepuluh kali, tidak lain berkat dukungan seluruh elemen masyarakat Sumenep.” tegasnya.

Bupati berharap, penghargaan adipura ke-10 kalinya memotivasi masyarakat meningkatkan kesadaran, menjaga dan peduli terhadap lingkungan, sehingga masyarakat melakukan penghijauan di daerah atau masing-masing lingkungannya.

“Masyarakat Sumenep harus lakukan penghijauan di desa atau masing-masing lingkungannya, sebab pembangunan di Kota begitu pesat dengan banyaknya bangunan dan tentu saja jangan sampai mengabaikan pembangunan lingkungan dengan penghijauan. Jadi lingkungan hijau harus terus dilakukan di setiap RT atau lingkungan untuk menciptakan Sumenep hijau dan asri” pungkasnya.

Wakil Bupati Achmad Fauzi, SH juga menambahkan “Demi menciptakan lingkungan bersih direncanakan ada pengaturan waktu untuk pembuangan sampah oleh masyarakat dan pengambilan sampah yang dilakukan petugas kebersihan. Tujuan pembagian waktu itu untuk meningkatkan kebersihan lingkungan yang berdampak terhadap kesehatan masyarakat untuk memotivasi agar masyarakat sumenep menyadari akan kebersihan lingkungan, pemkab sumenep berupaya agar di tempat strategis disediakan tempat sampah” ( AJ )

Related posts

Leave a Comment