Nusantara 

MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG, MANFAATKAN KEKAYAAN ALAM BERNILAI EKONOMIS

Sumenep, opsinews.com –¬†Kedatangan rombongan para mahasiswa dari UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) dalam rangka Kuliah Kerja Nyata di Desa Mendak Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Jawa Timur di sambut hangat oleh warga desa setempat.

Dalam kesempatan itu para mahasiswa tertarik terhadap kekayaan desa terutama tanaman seperti kopi, coklat dan kunyit sehingga para mahasiswa tertantang bagaimana cara memanfatkan kekayaan alam tersebut menjadi lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis tinggi.

Melalui seminar dan pelatihan kewirausahaan yang bertema “Terbangunnya Jiwa Enterpreneurship di Warga Desa Mendak” yang di hadiri oleh ibu Kepala Desa Mendak Ibu Nur Cholifah , ibu PKK, aparat desa dan masyarakat warga desa setempat. Sebagai narasumber materi yaitu dari Divisi Ekonomi KKN 25 Universitas Muhammadiyah Malang. Mahasiswa tersebut berinovasi memanfaatkan kopi dan coklat menjadi masker, sementara kunyit yang sangat melimpah oleh mahasiswa dijadikan minuman dan jamu.

Dari hasil olahan yang diciptakan oleh para mahasiswa, antusiasme ibu – ibu PKK yang ada di desa tersebut merasa mempunyai usaha baru yang nantinya akan dipasarkan di tempat Wisata Watu Rumpuk yang merupakan tempat wisata Desa Mendak Kecamatan Dagangan.

Para mahasiswa berharap agar pemanfaatan hasil kekayaan alam bisa menjadi tambahan untuk perekonomian keluarga, sehingga warga sadar terhadap kekayaan alam di sekitar kita dapat di jadikan produk unggulan dengan ciri khas daerah utamanya di Desa Mendak sehingga bisa menambah keaneka ragaman wirausaha. (AJ)

Related posts

Leave a Comment