Opini 

Kunci Sukses Kades Cak Machmud Membangun Desa Mojoparon

Pasuruan, opsinews.com – Kemajuan pembangunan yang ditorehkan oleh  Desa Mojoparon Kecamatan Rembang begitu luar biasa dibanding dengan Desa yang lain, hal itu tidak terlepas dari kerja keras Kepala Desa Mojoparon dengan sapaan Cak Machmud atau Aba Machmud beserta perangkat desa, lembaga desa dan didukung oleh seluruh elemen masyarakat. Dengan hubungan yang begitu harmonis dan sinergis itulah terbangun situasi dan kondisi yang  kondusif di lingkungan masyarakat sehingga ketika progam di gulirkan oleh Kepala Desa kepada masyarakat, progam tersebut selalu mendapat apresiasi atau dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

“Mengapa kita selalu mendapat dukungan dari masyarakat dalam setiap kegiatan pembangunan yang ada di Desa? jawabnya simple saya sebagai Kepala Desa memegang prinsip yaitu sebagai pelayan masyarakat. Kita harus benar – benar  bekerja secara tulus dan ikhlas demi rakyat. Hal ini jika dijabarkan mempunyai makna yang luas sekali, salah satunya adalah kita harus bekerja keras pantang menyerah demi kemajuan desa, kita harus menjadi inisiator di desa yang  artinya sebagai Kepala Desa harus mempunyai gagasan gagasan atau ide – ide dan progam – progam  bagaimana kedepan desa ini semakin bertambah maju. Contohnya, bagaimana cara kita dapat membangun balai desa dan kantor pelayanan masyarakat begitu megah tetapi tanpa menggunakan anggaran Dana Desa (DD) atau Alokasi Dana Desa (ADD) caranya kita harus mengejar  reward. Alhamdullilah apa yang menjadi harapan dan cita – cita  sudah dapat terlaksana seperti yang dapat kita lihat bersama,” ujar Kepala Desa Mojoparon.

“Pembangunan fisik yang lain diantaranya pembangunan jalan, pembangunan penahan bahu jalan, plengsengan, pavingisasi. Selain pembangunan fisik ada juga non fisik dan pemberdayaan masyarakat non fisik diantaranya untuk pengadaan alat – alat kantor. Sedangkan pemberdayaan dengan adanya pelatihan, pemberian modal kerja, perbaikan tempat tinggal warga, dan semua dilakukan secara transparan,” tambahnya dan diakhir pembicaraan Cak Machmud menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Desa Mojoparon bilamana selama memimpin desa terdapat keikhlafan atau kesalahan, berjanji akan tetap berjuang demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Mojoparon.

“Kemajuan Desa Mojoparon sangat luar biasa sejak dipimpin oleh Cak Machmud dan kemajuan itu sangat dirasakan oleh masyarakat di antaranya bangunan Balai Desa dan Kantor Pelayanan  masyarakat yang begitu megah, proyek plengsengan yang begitu banyak di terima oleh Desa Mojoparon membuat para petani merasa diperhatikan, pembangunan jalan jalan sudah lumayan bagus, dan masih banyak lagi  kemajuan Desa Mojoparon selain fisik adalah kemajuan non fisik yaitu pengadaan barang dan jasa serta pemberdayaan masyarakat,” ujar tokoh masyarakat Asnawi (65) warga Dusun Balong Paren saat ditemui di Kantor Balai Desa.

Cak Machmud saat menjadi Kepala Desa Mojoparon merupakan sosok yang sangat  bersahaja dengan penampilan yang  sangat  sederhana, lemah lembut tutur katanya, rendah hati, ringan tangan, sangat peduli dengan  kesulitan rakyatnya, tidak sombong, sangat disiplin dan selalu memberikan contoh yang baik kepada  masyarakat. Keteladanan yang dicerminkan oleh Cak Machmud selama menjadi  Kepala Desa membuat masyarakat  Desa Mojoparon menaruh simpati yang sangat dalam. Hal itu terlihat dari kedekatan hubungan Cak Machmud dengan masyarakat disaat ada kegiatan, Kepala Desa selalu berbaur dengan masyarakat meskipun Kepala Desa Cak Machmud telah sukses membawa Desa Mojoparon maju  dengan begitu pesatnya. (Indrat)

Related posts

Leave a Comment