OPSI JATIM 

Hujan Deras Mengakibatkan Banjir dan Mengganggu Produksi Pertanian

Banyuwangi, opsinews.com – Cuaca buruk disertai hujan dan angin beberapa hari terakhir ini melanda Kabupaten Banyuwangi khususnya di wilayah selatan. Seperti halnya yang terjadi di Dusun Kaliboyo Desa Kradenan Kecamatan Purwoharjo, warga sangat mengeluh dengan fenomena musim yang tidak wajar pasalnya musim yang harusnya menginjak ke musim panas justru dilanda musim penghujan yang sangat luar biasa. Desa Kradenan dilanda hujan deras disertai sambaran petir yang mengganas dan juga tiupan angin yang berhembus kencang, Jum’at (12/4).

Hal ini sangat mengganggu kehidupan masyarakat Desa Kradenan dengan adanya hujan lebat mengakibatkan banjir, putusnya pertumbuhan tanaman khususnya tanaman buah naga dan jeruk yang saat ini menjadi tanaman andalan dari warga Banyuwangi selatan untuk memenuhi ekonominya.

Nur Kolik (37) salah satu petani sekaligus tengkulak tanaman buah naga dan jeruk merasa sangat terganggu dengan anomali cuaca seperti saat ini.

“Sangat memprihatinkan sekali kondisi cuaca buruk, sangat merugikan bagi kami selain banjir aktivitas kami untuk melakukan kegiatan bercocok tanam maupun melangsir buah sangat terganggu terlebih jika lahan pertanian dilanda banjir ini tentu akan menambah kerugian bagi petani,” ujar Kolik dengan cemas. (NJP)

Related posts

Leave a Comment