OPSI JATIM 

DPRD Gelar Paripurna Nota Penjelasan Bupati Pamekasan Tahun 2018-2023

Pamekasan, opsinews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur menggelar rapat paripurna Penyampaian Nota Penjelasan Bupati mengenai Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023.

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pamekasan M. Suli Faris dan dihadiri oleh 36 anggota sehingga rapat dinyatakan sah karena forum terpenuhi. Tampak hadir dalan rapat paripurna Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan, Forpimda, Pj Sekda, Pimpinan OPD, Camat dan beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam penyampaiannya, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan RPJMD merupakan dokumen perencanaan daerah untuk periode lima tahun terhitung sejak dilantik sampai dengan berakhirnya masa jabatan kepala daerah.

“Oleh sebab itu periode rancangan RPJMD yang kami susun adalah periode tahun 2018-2023. Namun secara substantif yang disebut sebagai tahun pertama perencanaan daerah adalah tahun 2019,” katanya.

Ia juga menambahkan, RPJMD yang telah ditetapkan nanti akan menjadi acuan bagi perangkat daerah dalam menyempurnakan rancangan akhir rencana strategis perangkat daerah tahun 2018-2023 serta menjadi pedoman dalam menyusun rencana kerja pemerintah daerah setiap tahunnya.

Menurutnya, maksud pengajuan Raperda tentang RPJMD Kabupaten Pamekasan ini adalah sebagai tindak lanjut dari penetapan rumusan rancangan akhir RPJMD Pamekasan. Tujuannya adalah untuk menetapkan landasan hukum, pedoman bagi seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan pembangunan dalam penyelenggaraan pembangunan daerah di Pamekasan.

Bupati dalam menyampaikan 1 Visi 5 Misi 7 Tujuan 17 sasaran program pembangunan daerah dan indikasi pendanaan rencana pembangunan daerah.

“Tahun kepemimpinan kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan periode 2018-2023 kita dihadapkan dengan berbagai persoalan mendasar yang telah disederhanakan sebagai bagian dari isu strategis pembangunan daerah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati meminta saran dan masukan yang konstruktif dari para anggota dewan demi tersusunnya dokumen RPJMD Kabupaten Pamekasan yang berkualitas menuju Pamekasan hebat.

Rapat paripurna ditutup dan akan dilanjutkan pada hari rabu mendatang guna mendengarkan pemandangan umum fraksi-fraksi mengenai Raperda RPJMD Kabupaten Pamekasan. (Mail/Eko)

Related posts

Leave a Comment