HUKRIM 

LSM Penjara Indonesia Pantau Pembangunan yang Menggunakan Dana Desa / DD

PASURUAN – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Penjara Indonesia, melakukan pengamatan Dana Desa di Desa Gondangrejo, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/10/2018).Kegiatan tersebut, sempat mendapat penolakan oleh Kepala Desa Gondang Rejo, Agus, selaku kepala Desa Gondangrejo. Karena penggunaan Dana Desa 2017, sudah terealisasi dan sudah dilakukan pengawasan oleh pihak Inspektorat.
“Saya tidak memperbolehkan, karena realisasi Dana Desa 2017 sudah saya pertanggung jawabkan kepada Inspektorat. Jika kalian memaksa, saya juga bisa memaksa,“ ujar Kades Gondangrejo dihadapan para aktifis dan para Kepala Desa se Kecamatan Gondangwetan.
Sementara Hanan, selaku ketua DPD LSM Penjara Indonesia mengatakan, kegiatan pengamatan yang dilakukan LSM Penjara Indonesia, di dasari laporan dari Masyarakat yang mengatakan bahwa pembangunan Pasar Desa Gondangrejo yang dibangun dengan menggunakan Dana Desa Tahun 2017, sampai saat ini mangkrak dan tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa setempat.“ Yang menjadi pertanyaan kami, kenapa LSM Penjara Indonesia tidak diperbolehkan memantau Dana Desa Gondangrejo yang saat ini menjadi polemik,” kata Hanan.Hanan juga menambahkan, bukan hanya LSM saja, tukang becak pun, bisa mempertanyakan dana desa.“LSM Penjara Indonesia sebagai kontrol sosial, berhak memantau Dana Desa atau DD,” imbuh ketua DPD LSM Penjara Indonesia itu. (Usman)

Related posts

Leave a Comment