HUKRIM 

Demo LSM FORKOM, di Kejaksaan Bangil Diiakhiri dengan Penyerahan Berkas Dugaan Korupsi Didesa Karangasem Kecamatan Wonorejo

PASURUAN – Sempat tertunda, ahirnya demo gabungan LSM FORKOM di Kejaksaan Negeri Kab. Pasuruan ahkirnya terealisasi juga dengan iring iringan sekitar 500 peserta dengan membawa sepeda motor dan mobil minibus. Demo yang dimulai dari titik halaman Kec. Kejayan dimulai sejak jam 08.00 wib mendapat kawalan Kepolisian dari Polsek Kejayan dan Polres Pasuruan. Dengan rute kantor Camat Wonorejo dan Kejaksaan Negeri Bangil.
Dihalaman kantor Camat Wonorejo pimpinan LSM yang tergabung dalam FORKOM, Forum Komunikasi LSM Kab. Pasuruan bergantian menyampaikan aspirasinya terkait kinerja Kepala Desa yang sarat dugaan melakukan praktek penyimpangan dalam pengelolaan anggaran desanya, salah satu desa yang paling disorot adalah Desa Karangasem Kec. Wonorejo yang beberapa hari lalu melalui pengamatan FORKOM.
Telah terjadi penyimpangan penyimpangan dalam pelaksanaan pembangunan didesa tersebut. Camat Wonorejo yang kala itu juga datang diarena Demo tak luput dari sorotan para orator dari Forkom,karena dinilai tidak melaksanakan tugasnya sebagai camat bahkan seolah ikut dalam penanganan beberapa proyek serta menutup nutupi penyimpangan yang dilakukan sang Kepala Desa. Hanan Ketua DPD LSM PENJARA INDONESIA bahkan melalui pengeras suara meminta Bupati Pasuruan segera mengevaluasi kinerja Camatnya, Suhartono serta mencopot jabatanya sebagai Camat di Wonorejo karena dinilai tidak bisa melakukan tugas sebagai Camat. Usai orasi di depan Kantor Camat, massa langsung menuju kantor Kejaksaan Negeri Bangil.
Sempat terjadi ketegangan dan perselisihan antara pendemo dan pihak keamanan Kejaksaan karena mobil komando tertahan depan kantor, namun ahirnya pihak Kejaksaan membuka palang besi yang ada didepan pos jaga menuju halaman Kejaksaan. Tak lama berorasi dihalaman Kejaksaan ahkirnya perwakilan pengunjuk rasa dipersilahkan masuk untuk menyampaikan tuntutannya di ruang Kejaksaan. Diantaranya : 1. Mendorong Kejaksaan menegakan supremasi hukum dengan tegas menindak pelaku pelaku korupsi di segala bidang pemerintahan. 2. Mendorong Kepala Kejaksaan Negeri Bangil memaksimalkan kinerja Tim Saber Pungli dan memaksimalkan sinergitas penegakan hukum untuk memberikan kepastian hukum serta terciptanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa. 3. Lebih menjalin kerjasama dengan organisasi non pemerintah guna memaksimalkan fungsi kontrol sosial serta pencegahan dan pemberantasan korupsi. 4. Meminta Kejaksaan untuk lebih memaksimalkan pemantauan terhadap penyimpangan penyimpangan yang ada di desa utamanya penyalahgunaan anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa. Diakhir pertemuan FORKOM LSM bersama pihak Kejaksaan dilakukan penyerahan berkas pelaporan dugaan penyimpangan penggunaan anggaran di desa Karangasem kecamatan Wonorejo, kabupaten Pasuruan yang langsung diterima Kejaksaan yang diwakili oleh Kasie tindak pidana husus Kejaksaan Negeri Bangil, Deni Saputra diruang pertemuan Kejaksaan Negeri Bangil. (Zainal)

Related posts

Leave a Comment