OPSI JATIM 

Festival Arung Kanal 2018, Sedot Ribuan Penonton

BANYUWANGI – Daya pikat replika berbagai jenis kapal laut yang ditampilkan pada Festival Arung Kanal tahun ini benar-benar menyedot perhatian ribuan warga untuk datang menonton.
Festival tahunan yang diselenggarakan pada hari Sabtu (6/10) di Sungai Sampean desa Kebondalem kecamatan Bangorejo itu memang sudah menjadi tradisi bagi warga setempat. Dan dalam festival kali ini ada sembilan replika kapal laut yang turut serta. Dan disetiap kapal itu juga dimeriahkan pesta kembang api serta hiburan orkes dangdut yang menampilkan artis-artis muda Banyuwangi. Belum lagi panitia juga menyiapkan pentas musik yang menampilkan Wandra salahsatu artis ternama kota Banyuwangi dan juga artis-artis lainnya untuk semakin membuai penonton yang datang.
Menurut Ikhsan selaku kepala desa Kebondalem mengatakan jika biaya pembuatan replika kapal itu adalah 20 juta hingga 35 juta rupiah yang anggarannya berasal dari patungan warga, sponsor dan juga dari sumber lainnya. “Kita berharap semoga event ini bisa menjadi salahsatu hiburan masyarakat pada umumnya dan juga bisa menjadi tempat berkreativitas warga desa Kebondalem khususnya”,papar Ikshan saat ditemui disela sela kesibukannya menjelang berlangsungnya festival.
Hal senada juga diungkapkan Sapari salahsatu tokoh warga kecamatan Bangorejo yang juga menjadi panitia festival saat ditemui awak media. Menurut Sapari penyelenggaraan festival yang bertepatan malam minggu membuat animo masyarakat semakin tinggi untuk datang menonton bersama keluarga. “Pada tahun yang lalu penonton bisa mencapai 15 ribuan orang, pada tahun ini kita perkirakan akan bertambah mas, mengingat pelaksanaannya bertepatan pas malam hari libur”,tutur Sapari dengan tegasnya,”Sampean bisa lihat sendiri, jalanan dipenuhi orang hingga berdesak desakan seperti itu”,tambahnya. (Tim)

Related posts

Leave a Comment