Jendela 

Kemendikbud RI Memplotkan Piala Bergilir di Acara MCR & LRP 2018

SURABAYA – Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Unesa gelar MCR & LRP 2018 (Mathematics Competition Revolution & Lomba Rumah Perkalian) dengan tema “Be The Greatest Mathematics Generation” yang diselenggarakan di Auditorium d1 Fmipa Unesa. Ketua Jurusan Matematika Unesa, Ismail mengungkapkan bahwa, kegiatan ini menjadi cikal bakal kesuksesan siswa SD, SMP, SMA dalam meniti karir pendidikan kedepannya di bidang matematika. “Semarak peserta dalam MCR dilaksanakan oleh 19 rayon tingkat nasional, artinya, seluruh peserta menunjukkan kegigihannya dalam menjebol dunia matematika untuk mengasah keilmuannya dan meningkatkan daya prestasi siswa,” tuturnya saat membuka acara tersebut. Minggu, (30/09).
Sementara itu, ketua panitia pelaksana acara, Eko Rahmad Bahrudin mengatakan, MCR hari ini melakukan babak penyisihan, dan pesertanya di tingkat SD, SMP, dan SMA. Secara bergantian, peserta menjawab soal tes esai, selama 1 jam waktunya dimulai SD pukul 09.00, selanjutnya SMP dimulai pukul 10.00, dan SMA dimulai 11.00 WIB. “Total peserta di MCR sebesar 1800 orang, dan peserta LRP mencapai 512 orang dan kuotanya itu sudah full sesuai kebijakan panitia. Untuk MCR, kami masih membuka pendaftaran dan insyallah nanti peserta yang terdaftar bisa mencapai 2000an orang,” lugas pemuda asal kabupaten Gresik tersebut saat diwawancarai di sela-sela kegiatan.
Ia juga menambahkan, LRP memiliki media pembelajaran yang telah disediakan panitia, dan media ini sudah menjadi hak paten yang telah diresmikan oleh Jurusan Matematika Unesa pada tahun 1990an. Tak sampai disitu, penyebab antusiasme peserta mengikuti lomba itu karena Kemendikbud RI sudah memplotkan piala bergilirnya untuk acara ini. “Jadi, yang nanti meraih juara 1 akan mendapatkan 1 piala bergilir dari Kemendikbud RI dan 1 piala dari panitia,” tutur mahasiswa angkatan 2016 jurusan Matematika tersebut. (arianto)

Related posts

Leave a Comment