OPSI JATIM 

Terkait Terbitnya Kepmen WIUP dan WIUPK

PASURUAN – Terbitnya surat Ketetapan Menteri (Kepmen) terkait wilayah izin usaha pertambangan (WIUP) dan wilayah izin usaha pertambangan khusus (WIUPK) periode tahun 2018. Sebelumnya, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerbitkan surat ketetapan menteri (Kepmen) terkait WIUP dan WIUPK periode tahun 2018. Dalam Kepmen tersebut disebutkan Blok Silo termasuk yang salah satu wilayah yang dapat dieksplorasi oleh badan usaha, koperasi ataupun perseorangan dengan cara dilelang sesuai peraturan perundang – undangan.
Pada surat keputusan menteri tersebut pada halaman 14 hingga 16 tercantum luas dan kordinat blok yang diijinkan oleh Kementrian ESDM untuk dieksplorasi oleh pemenang lelang.
Selain Blok Silo, pada surat ketetapan menteri yang ditanda tangani oleh Menteri ESDM Ignatius Jonan pada 23 April 2018 tersebut mencantumkan 14 WIUP dan WIUPK lainnya. Bupati Pasuruan’Irsyad yusuf S.E menambahkan, pihaknya tidak pernah merekomendasi hal itu, kerana merupakan wewenang Pemprov Jatim. “Tapi yang jelas Pemkab Pasuruan tidak pernah merekomendasi. Itu kewenangan provinsi. Yang saya tahu masyarakat Pasuruan tidak menginginkan itu,” pungkasnya. (Indra/Hans)

Related posts

Leave a Comment