OPSI JATIM 

Desa Mojopetung yang Sedang Membangun

GRESIK – Konon Desa Mojopetung berdekatan dengan desa Petung. Kata orang jawa posisinya mojok oleh karenanya disebut desa Mojopetung. Tapak tilasnya masih ada sampai sekarang yang dinamakan tanah Bayeman. Walaupun pola kepemimpinan ada dikepala desa namun mekanisme pengambilan kebijakan keputusan selalu ada keterlibatan masyarakat baik lewat lembaga resmi desa seperti badan perwakilan desa maupun lewat masyarakat lansung dengan demikian terlihat bahwa pola kepemimpinan diwilayah desa Mojopetung mengedepankan pola kepemimpinan yang demokratis.
Dan dengan adanya program pemerintah pusat yaitu berupa penyaluran dana desa yang dimulai tahun 2015 sampai tahun 2018 sampai saat ini merupakan kesempatan sekaligus tantangan bagi desa untuk bisa mandiri dalam menyusun perencanaan pembangunan dan melaksanakan proses pembangunan infrastruktur dan mampu mempertanggung jawabkan dari proses pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang sedang berlansung.Sebelum menggunakan dana desa terlebih dahulu diadakan muserbang dengan masyarakat desa dan kepala desa .tegas Bapak Nasikhan, S.Pd, MM yang menjadi Kepala Desa Mojopetung.
Warga desa saat ini sedang membangun saluran drainase yang berada disisi jalan desa. Warga Desa Mojopetung tampak antusias dalam pelaksanaan pembangunan drainase tersebut yang secara bersama sama membangun dengan sistem padat karya tunai. Berkat adanya dana desa semua lapisan masyarakat tampak gembira karena bisa membangun infrastruktur didesa mereka. Desa Mojopetung tempatnya sangat strategis diwilayah kecamatan Dukun karena berada ditengah.
Jarak tempuh Desa Mojopetung ke Kabupaten Gresik adalah 35 km yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar satu jam. Dengan infrastruktur jalan yang bagus sehingga memudahkan masyarakat untuk menuju arah perkotaan. Lahan di Desa Mojopetung sebagian besar adalah lahan pertanian. Dan lahan tersebut ditanami tanaman pangan padi dimusim penghujan sedangkan jagung dan polowijo dimusim kemarau. dan pada lahan. tegalan banyak digunakan untuk tanaman perkebunan mangga gadung. Kepala desa Nasikhan S.Pd, MM sering mengadakan blusukan dengan menyapa para warga untuk menyerap aspirasi warga desa. Yang berguna untuk proses pembangunan dan pelayanan pemerintah desa untuk warga desa supaya desanya maju dan masyarakatnya sejahtera. (YNS)

Related posts

Leave a Comment