OPSI JATIM 

Mengatasi Tembolok Tersumbat Makanan Tak Bisa Habis

Usia segini sangat rawan penyumbatan saluran pada tembolok

NGANJUK – Sering kali kita temui ayam tidak sehat seperti kedinginan dan bulu – bulunya berdiri (njegrak – njegrak) lagi jalannya seolah – olah seperti ayam lagi malas tetapi setelah dipegang ternyata makanan yang dimakan dalam tembolok tadi tidak bisa habis alias tak tercerna. Biasanya yang sering terjadi pada ayam kecil sekitar usia 3 bulanan. Hal ini bukan terserang penyakit akan tetapi hanyalah ayam tersebut memakan sesuatu yang tidak bisa dicerna karena saluran yang mirip selang (pipa kecil) ke usus tersebut tersumbat oleh makanan yang kasar (material kasar) akibatnya bahwa makanan tidak bisa berjalan lancar ke usus pencernakan yang nantinya masuk ke rempelo.
Biasanya ada yang memakai cara tembolok di bedah (diadakan operasi) lalu makanan dikeluarkan selanjutnya di jahit kembali, cara demikian ini tidak efisien apabila jahitan bocor atau terjadi infeksi maka ayam akan mati. Untuk lebih praktisnya dan tidak menimbulkan kematian pada ayam maka ada cara terbaik dan tanpa mengoperasi langkah yang kita lakukan adalah :
Kita mencari bulu/lar ayam yang agak besar atau ambil bulu ayam yang berada di sayap (bulu sayap). Ayam dipegang atau diapit oleh kedua kaki kita (dengkul) seperti kita hendak memandikan ayam besar, lalu ayam diberi minum air sambil tembolok diremas – remas perlahan karena biasanya tembolok yang keras tadi bisa jadi lembek. Setelah itu ayam dikoloki pakai bulu/air tersebut sambil diputar – putar dan ditarik keluar pelan – pelan, tujuannya agar makanan kasar yang mengganggu ditembolok dapat keluar tersangkut bulu tersebut, karena makanan yang menutupi saluran pencernaan yang berada ditembolok kesentuh oleh bulu sehingga berubah posisi.
Sementara jari kita gunakan untuk melotot pelan – pelan makanan yang ada ditembolok diarahkan keluar melalui mulut/dimuntahkan sampai nantinya tembolok bisa kosong dan makanan didalamnya bisa habis. Bilamana sudah berkurang maka diberi minum lagi sampai banyak dan dikeluarkan sampai berulang – ulang setelah makanan yang berada ditembolok sudah habis dan tembolok nampak kosong maka diberi makanan yang banyak.
Untuk langkah berikutnya ayam dikurung sendirian serta kita amati beberapa menit jika sudah bisa mengeluarkan kotoran (biasanya campur air) maka bisa diharapkan akan sembuh, sambil menunggu kebugaran ayam kita bisa memberi makanan yang lembek dulu misalkan nasi campur por agar proses pencernaan untuk memulihkan stamina dan mengisi tembolok yang habis terkuras isinya. Bilamana ayam sudah nampak makan dan sudah mengeluarkan kotoran seperti biasa biarkan sementara masih dalam kurungan tersebut, akan tetapi apabila ayam sudah giras/sehat maka kita bisa melepasnya agar kembali seperti sediakala. “ selamat mencoba apabila ayam anda terjadi hal yang demikian”. (Oleh Gatot Kamto Wartawan OPSI)

Related posts

Leave a Comment