Jendela 

Cara Sederhana Membasmi Cacing Ayam Episode I

Artikel : oleh Gatut Kamto (Wartawan OPSI)

Daun Pepaya yang Digunakan Konsumsi Ayam

NGANJUK – Bagi peternak ayam kampung, ayam bangkok dan sederajatnya artinya bukan untuk peternakan ayam potong atau ayam petelur. Disini kami bahas yaitu pola makan untuk memsunahkan cacing (macam jenis cacing) yang berhabitat di usus ayam, cacing adalah merupakan pengganggu kesehatan ayam apabila sudah bercokol diusus maka semua sari – sari makanan akan terkurangi diserap oleh cacing akibatnya tubuh tidak bisa gemuk, muda terserang penyakit kendati stamina tak terjamin maka oleh sebab itu mengenai pola makan harus diperhatikan disamping tempat harus bersih.

Daun pepaya (Carica Papaya. Sp) mengusir cacing : Biasanya makanan pokok adalah dedak plus campuran yang lain lalu tambahkan diberi daun pepaya (diiris/dirajang kecil – kecil) lalu diaduk jadi satu dengan dedak tersebut, mengenai ukuran bisa diukur sendiri sesuai kebutuhan/kapasitasnya, yang penting berimbang. Daun pepaya karena memiliki getah yang amat gatal maka membuat cacing – cacing tak betah berdomisili didalam usu ayam, secara estafet cacing – cacing akan keluar bersamaan kotoran lama kelamaan akan bersih tak akan ada cacing lagi, hal ini bisa dilakukan dua hari sekali setiap memberi makan diberi rajangan daun pepaya. Bagi ayam yang tidak membahayakan justru ayam akan gemuk dan kelihatan sehat – sehat (Giras – giras muka kelihatan merah). Yang perlu diperhatikan yaitu bagi ayam yang masih kecil  umur 0 – 1,5 bulan sebaiknya jangan diberi dulu karena belum mampu mencerna. Dikhawatirkan bila rajangannya daun terlalu kasar malah mengganggu proses pencernaan di bagian tembolok. Bagi ayam yang kecil umur dibawah 3 bulan bisa diberi tetapi daun tersebut dibuang gagang – gagangnya dan sebaiknya daun diberikan dalam kondisi sudah agak lemas (Alum) tidak masih keras baru diambil dari pohonnya.

Anak ayam yang masih kecil sudah terbiasa diberi Vitachick sampai tak terbatas berapa hari/bulan. Untuk dewasa minimum sehari – harinya dalam satu galon air ( tempat minum ayam ukuran ½ ltr ) cukup diberi 1 capsule tetra chlor agar tidak mudak pilek walau bagi ayam yang sudah dewasapun juga menghindari pilek. Bagi sobat – sobat peternak perlu dicoba dulu bila tidak berkenan tak perlu dilanjutkan. Jika ingin mengikuti artikel ini tunggu/baca episode berikutnya. (Dikutip berdasarkan pengalaman)

 

 

Related posts

Leave a Comment