Desa Durung Bedug Gelar Acara

SIDOARJO – Pemerintah Desa Durung Bedug Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo menggelar upacara adat Ruwat Desa di halaman balai desa setempat, Jum’at (27/4) lalu.
Ruwat desa tersebut dilakukan warga sebagai bentuk perwujudan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa atas keberkahanya dan bertujuan untuk meningkatkan kehidupan berbudaya sebagai wujud tercipta kerukunan dan kebersamaan bagi masyarakat desa. Acara tersebut di meriahkan dengan berbagai hiburan. Di awal acara pada hari Kamis (26/4) para warga mengadakan pengajian kemudian dilanjutkan selamatan dengan membuat tumpeng untuk dinikmati bersama – sama.

Selanjutnya pada Jum’at malam acara tersebut di tutup dengan pagelaran wayang kulit dengan lakon sesuai dengan permintaan warga. Acara tersebut selain disaksikan oleh masyarakat setampat di hadiri juga oleh tamu undangan antara lain Sekcam, perwakilan Kapolsek & Danramil BPD, RT, RW, tokoh masyarakat dan calon Kepala desa terpilih.
Acara yang berlangsung selama 2 hari berjalan lancar karena bentuk kerja sama antar masyarakat Durungbedug. Semua tamu undangan dan tokoh masyarakat terkesima melihat acara ini. Acara ini di adakan setiap tahun sebagai bentuk kegiatan sosial dan untuk meningkatkan kerukunan dan kebersamaan di dalam masyarakat desa, ungkap Kepala Desa Pj Durungbedung.  (Awi/DL)

 

Related posts

Leave a Comment