OPSI JATIM 

Wakil Bupati Khalil As’yari Membuka Peringatan Hari Kartini Tahun 2018

PAMEKASAN – Wakil Bupati Kab. Pamekasan Khalil As’yari menghadiri dan membuka acara peringatan Hari Kartini tahun 2018 yang digelar di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan. Sabtu (21/04). Acara yang mengambil tema “Dengan Semangat Ibu Kartini, kita tingkatkan kualitas Keluarga Melalui Generasi Sehat ekonomi kuat dan perempuan Bermartabat” tersebut dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Khalil As’yari, PLt Sekdakab yang di angkat menjadi PLH Bupati sejak hari Ini, Kapolres dan Dandim/0826 Pamekasan, Kepala OPD, Kepala Kemenag, Ketua Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan Se-Kabupaten Pamekasan. Dalam sambutannya Wakil Bupati Pamekasan Khalil As’yari mengatakan, Peringatan ini sebagai bentuk penghargaan kepada RA Kartini yang telah mendarma baktikan hidupnya dalam mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan di Indonesia.

“Untuk itulah pada kesempatan ini, saya sampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang tinggi kepada ibu-ibu atas kerja keras dan dukungannya sehingga peringatan hari Kartini tahun ini berjalan dengan sukses dan semarak,” tuturnya. Dan tak lupa Wabup juga mengucapkan rasa hormat dan terima kasih pula kepada tokoh-tokoh perempuan Pamekasan yang selama ini sangat gigih memperjuangkan harkat dan martabat sesuai dengan bidang yang ditekuninya, baik bidang kesehatan, pendidikan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan utamanya aktivis advokasi perlindungan anak dan perempuan yang terjadi di Kabupaten Pamekasan. Menurut Wabup, peranan perempuan dalam pembangunan di Pamekasan sangat besar, hal ini seperti terlihat dengan semangat ibu-ibu  dalam menyiapkan generasi berkualitas sejak dini melalui taman posyandu, pendidikan sejak dini melaui PAUD dan pemberian pengetahuan pola asuh dan tumbuh kembang anak melalui bina keluarga balita serta advokasi perlindungan perempuan dan anak yang merupakan bentuk perjuangan tanpa pamrih dan mulia.
“Bahwa keberhasilan pembangunan yang telah kita capai tidak terlepas dari tangan-tangan terampil ibu-ibu dan kaum perempuan, khususnya yang tergabung dalam organisasi perempuan dan kader yang berjibaku didusun-dusun, kelurahan, desa dan kecamatan,” ujarnya. Lebih lanjut mantan Ketua DPRD Pamekasan mengatakan, Tapi bukan tidak ada yang kekurangannya, untuk mengubah kondisi yang kurang menguntungkan bagi kaum perempuan ini, menjadi tanggung jawab kita bersama utamanya para pemangku kebijakan. “Sehingga kedepan kita dapat mewujudkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang responsif gender, tidak ada lagi perlakuan yang kurang adil terhadap kaum perempuan, isu-isu gender, tidak ada lagi kekerasan pada perempuan dan anak serta semakin mantapnya peran serta perempuan dalam pembangunan,” tegasnya.

Dengan peringatan hari Kartini ini Wabup mengajak untuk memperkuat komitmen untuk kembali meningkatkan kualitas keluarga sehingga apa yang menjadi cita-cita RA Kartini dapat terwujud. “Namun demikian kebijakan pemberdayaan perempuan harus tetap berangkat dan bermuara pada potensi dan kodrat perempuan. Sebab bagaimanapun keinginan kita untuk mengangkat hak, harkat dan martabat perempuan”, pungkasnya. Dalam resepsi tersebut Khalil As’yari dan Ibu menyerahkan dan hadiah bagi para pemenang lomba dalam rangka hari Kartini. Juga Wabup menerima penghargaan Cipta Award suatu penghargaan tertinggi dari Yayasan Cipta Cara Padu (YCCP) Jakarta yang bergerak dalam bidang Komitmen Revitalisasi bidang Keluarga Berencana 2017 yang diserahkan Kadis BKKBN Musaffak. (Mail)

 

Related posts

Leave a Comment