OPSI JATIM 

149 MENJALANKAN UNBK, DI DAERAH TERKENDALA JARINGAN

SUMENEP – Pendidikan kab. Sumenep dari 182 Lembaga tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik dari swasta maupun negeri yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Sumenep. Dari 182 hanya 149 yang bisa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan Sumenep, Moh. Iksan mengatakan, Untuk wilayah daratan 100 persen sudah siap, sedangkan untuk wilayah kepulauan ada 24 lembaga Pendidikan tingkat SMP masih menggelar ujian nasional kertas dan pensil (UNKP),” kilahnya kepada awak media (5/4/2018).

Iksan menjelaskan ada beberapa lembaga yang kesulitan mengikuti ujian UNBK karena terkendala jaringan salah satu contoh, SMP Negeri 1 Batuputih masih menggunakan provider, karena belum dilalui oleh Telkom. Oleh karena itu  lanjut Iksan, pihaknya akan  berkoordinasi dengan Telkom agar bisa membuka jaringan di SMPN 1 Batuputih sebagai sarana dalam pelaksanaan UNBK. Sedangkan untuk wilayah kepulauan yang tidak bisa melaksanakan UNBK tersebut adalah SMPN 1 Arjasa, SMPN 3 Sapeken, SMP Sapanjang dan Pagerungan, serta SMPN 1 dan 2 Raas. Selain itu, Untuk kepulauan terkendala geografis dan jaringan internet, selain itu juga sarana dan prasarananya tidak memadai. Sedangkan daratan saya pastikan sudah 100 persen melaksanakan UNBK,” tandasnya.

Berdasarkan data di Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, ada 43 SMP Negeri dan 139 SMP swasta. Dari 182 lembaga Pendidikan tingkat SMP ini hanya 149 sekolah, dan sisanya sebanyak 24 sekolah menggelar ujian nasional kertas dan pensil (UNKP). Sementara, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat akan digelar pada tanggal 23 hingga 26 April 2018. (AJ)

 

Foto : 149 SMP Siap Ikuti UNBK, SMPN 1 Batuputih Sumenep Terkendala Jaringan Internet

 

Related posts

Leave a Comment