OPSI JATIM 

LSM PAB Ancam Somasi Relawan ‘Perjuangan Anak Bangsa’ yang Klaim Dukung Khofifah-Emil

SURABAYA – Munculnya tim relawan yang mengatasnamakan Perjuangan Anak Bangsa dengan mendukung pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak berbuntut panjang. Sebab, pencatutan nama ‘Perjuangan Anak Bangsa’ itu dinilai telah merugikan nama lembaga ‘Perjuangan Anak Bangsa’ yang telah berbadan hukum. Atas polemik tersebut, pihak lembaga Perjuangan Anak Bangsa akan segera melayangkan somasi atas klaim oknum itu. Somasi ini dilakukan apabila dalam waktu dekat tidak ada iktikad baik dari pihak bersangkutan untuk melakukan permintaan maaf secara tertulis yang dimuat di media. “Kalau tidak ada iktikad baik akan berujung persoalan hukum, ini tadi sudah dirundingkan,” kata‎ ‎Kordinator Umum Lintas Relawan Derek Gusti Mawon Jatim, Subeki, Jum’at (30/3/2018).

Subeki menyatakan, langkah itu diambil karena selama ini Perjuangan Anak Bangsa secara organisasi sudah mendukung pasangan calon nomor 2, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, pada tanggal 18 Februari lalu. Sehingga, deklarasi yang mengatasnamakan Perjuangan Anak Bangsa dengan mendukung calon lain berpotensi akan membuat masyarakat bingung. “Kalau ada yang mengklaim Perjuangan Anak Bangsa mendukung pasangan calon lain, itu Perjuangan Anak Bangsa yang mana. Itu kan hanya klaim, padahal lembaga Perjuangan Anak Bangsa yang berbadan hukum jelas mendukung Gus Ipul dan Mbak Puti,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengawatirkan klaim tersebut berpotensi masuk dalam pembunuhan karakter yang sekaligus merugikan banyak pihak. Bahkan, juga itu menjadikan persiangan yang tidak sehat.‎ “Ini bukan yang kali pertama tim relawan menglaim memberikan dukungan kepada selain Gusti. Sebelumnya, lembaga Arek Jatim juga diklaim,” ungkapnya. Menurutnya, sejak awal semua organisasi yang diklaim itu telah mendukung Gus Ipul. “Alasannya, karena jelas Gus Ipul lebih pengalaman untuk Jatim,” jelasnya. Hingga saat ini, sebanyak 16 organisasi yang sudah bergabung menjadi tim relawan Gus Ipul- Mbak Puti.

Di antaranya adalah Perjuangan Anak Bangsa, Laskar Nusa Bangsa, Demi Anak Generasi, Jaringan Masyarakat Madani, Karep Jatim, Foreder, JPKP, Projo dan Arek Jatim. ‎”Para relawan itu tersebar di 38 Kabupaten Kota di Jawa Timur yang tergabung dalam wadah Derek Gusti (Gus Ipul-Puti) Mawon. Jumlah anggotanya terstruktur hingga tingkat desa,” tutup pria yang juga menjadi Koordinator Umum Sapa Jatim Adem itu. Untuk diketahui, sebelumnya, muncul nama lembaga Perjuangan Anak Bangsa yang disebut oleh oknum untuk mengarahkan dukungannya kepada Khofifah-Emil pada Senin (25/3/2018) di Rumah Aspirasi Jalan Diponegoro, Surabaya. Mince Endramawan, Koordinator Relawan Perjuangan Anak Bangsa yang hadir ada deklarasi tersebut juga membawa bendera dan menglaim membawa ribuan relawan siap memenangkankan Khofifah-Emil. (tim/red)

Related posts

Leave a Comment