OPSI JATIM 

DPC IWAPI KABUPATEN GRESIK MEMBAWA MISI KEBUDAYAAN DI TUBAN 27 Februari 2018 –

Beberapa anggota IWAPI Kab Gresik yang memperagakan batik Gajah Mungkur ( Doc Foto Alitopan-2018 )

 

GRESIK DPC IWAPI kabupaten Gresik memboyong batik khas Gresik di Tuban pada puncak perayaan HUT IWAPI ke 43. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Graha Sandiya Desa Bogorejo-Merakurak– Tuban pada hari selasa (27/02/2018). Event yang diikuti oleh 10 DPC IWAPI se Jawa Timur, selain menyelenggarakan pameran karya juga menyelenggarakan pelantikan pengurus DPD IWAPI Jawa Timur periode 2018 – 2023.

 

DPC IWAPI Kab Gresik mengusung karya seni batik khas Gresik yakni batik Gajah Mungkur, yang keberadaan batik ini sudah sejak tahun 1950. Menurut ibu Ninis Trisilowati, yang juga menjadi ketua DPC IWAPI kab Gresik menuturkan bahwa sengaja membawa batik Gajah Mungkur ini menjadi hasil produk unggulan IWAPI Kab Gresik karena memiliki nilai sejarah yang sangat dekat dengan Gresik serta halini juga mempublikasikan salah satu peninggalan bangunan gedung yang bersejarah di kawasan kemasan – Gresik.

Harapan anggota IWAPI kab Gresik tentang batik Gajah Mungkur, agar masyarakat lebih dekat dan mengenal serta mengetahui keberadaan karya seni batik yang sudah dirintis oleh leluhur Akhmad Khoiri, pria kelahiran asli Gresik 42 tahun silam, menciptakan sendiri desain dan motif batik Gajah Mungkur yang juga suami dari ketua DPC IWAPI Kab Gresik. (Alto)

Related posts

Leave a Comment