OPSI JATIM 

Pasuruan Mulai Maret ADD dan DD di Targetkan Cair Di Kabupaten*

PASURUAN – Pemkab Pasuruan menargetkan segera menggulirkan ADD dan DD tahun 2018. Paling tidak, Maret 2018 pencairan ADD dan DD termin pertama bisa dimulai. Hal itu diungkapkan Kabid Keuangan dan Kekayaan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan Andar Sulistyorini. Andar menjelaskan, proses pencarian ADD dan DD termin pertama tahun ini, memang belum bergulir. Sebab, saat ini masing-masing desa masih merumuskan APBDes 2018. “Sekarang masih proses APBDes. Karena itu, belum ada pengajuan ADD atau DD dari desa,” urainya. Pihaknya sendiri, masih melakukan sosialisasi terhadap masing-masing pemerintah desa. Sosialisasi itu berupa aplikasi yang digunakan dalam penyusunan APBDes ataupun pelaporan SPj nantinya.

“Kami masih melakukan sosialisasi terhadap masing-masing desa. Kaitannya, dengan aplikasi yang akan digunakan oleh pemerintah desa,” bebernya. Meski begitu, pihaknya mengancang-ancang pencairan bisa dilakukan bulan Maret. Tujuannya, agar pemerintah desa bisa segera merealisasikan pembangunan yang sudah direncanakan. “Kami targetkan, Maret sudah bisa digulirkan. Tapi, tergantung pula dengan pemerintah desa, apakah persyaratan yang diperlukan mampu dipenuhi atau tidak,” terangnya.

Andar menguraikan, dana ADD dan DD tahun ini memang naik. Untuk ADD 2018, dialokasikan hingga Rp 146 miliar. Sementara untuk DD, mencapai Rp 302 miliar. Angka itu, meningkat dibandingkan sebelumnya. Tahun lalu, ADD dialokasikan Rp 143 miliar. Sedangkan untuk DD, senilai Rp 275 miliar. Bukan hanya itu, bagi hasil pajak pun juga meningkat. Tahun lalu, hanya Rp 35 miliar. Sementara tahun ini, mencapai Rp 38 miliar. Besaran alokasi itu, digulirkan untuk 341 desa yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan. (indra/hans/iksan)

 

Related posts

Leave a Comment