OPSI JATIM 

BUMDES SUATU FENOMENA BAGI DESA

NGANJUK – BUMDES adalah suatu Badan usaha milik Desa yang merupakan satu – satunya cermin bagi desa tersebut utamanya sebagai usaha yang harus dikembangkan lebih lanjut demi kepebtingan desa untuk mengadakan dan mengkemas bentuk usaha yang nantinya untuk kebutuhan bersama. Sebgai sasaran BUMDES adalah mengembangkan ekonomi desa untuk melangkah lebih maju dan kepentingan umum. Dari BUMDES ini bisa disimak bahwa desa sudah memiliki upaya untuk bersikap mandiri serta dari kemandirian tersebut tak mengharapkan bantuan insestor dari luar.

Untuk sementara ini sudah mulai beraksi dari desa – desa untuk mengadakan apa yang dimaksudkan BUMDES namun suatu contoh yang saat ini mulai berjalan yaitu desa Kepuh, Kecamatan Kertosono. Yaitu suatu unit BUMDES yang berkiprah dibidang dagang dan satu unit lagi berupa perkiran yang berada didekat terminal yang dikelola oleh karang taruna.

“ Toko Berlian “ Unit usaha BUMDES Kepuh. Berisikan fotocopy dan alat tulis : Rajut : produk, tas, bahan dan alat rajut, les rajut. Decoupace : – Produk, tas, sepatu, dll. Bahan dan alat Decoupace Les Decoupace Juice segar sehat       :  Nanas, Wortel, Tomat, Jeruk, Sirsak, Jambu, Pear, Mangga, Blimbing, Alpukat, Apel, Anggur, Buah Naga. Kios ini diresmikan pada tanggal 4 Januari 2018 kemarin.

Kades Kepuh, Kertosono Emy Wulandari yang ditemui OPSI menyampaikan bahwa barusan meresmikan BUMDES yang diberi nama Toko Berlian yang menampung salah satu diantaranya hasil loka karya anak – anak yaitu berbentuk Tas dan Sepatu, oleh Kades diharapkan untuk BUMDES ini agar dapat berkembang dan perlu juga bimbingan dari beberapa pihak untuk melangkah labih maju lagi. Segala kritik dan saran dari semua pihak akan diterima demi kemajuan BUMDES Kepuh. “ paparnya”. Sutiman S.Pd Kasi Pem Kec. Kertosono juga memberikan tanggapan bicara kepada OPSI diharapkan agat nantinya BUMDES Kepuh ini dapat berjalan dengan baik dan pesat sebagai percontohan nantinya.  Untuk sementara Sutiman akan mengecek apa yang nantinya sangat dibutuhkan masyarakat maka akan mengupayakan untuk melengkapinya.   (TUT/LAM)

Related posts

Leave a Comment