HUKRIM 

Jaksa Penuntut Umum Sampaikan Jawaban Eksepsi Alfian Tanjung

SURABAYA – Sidang perkara dugaan ujaran kebencian yang di sangkakan terhadap Alfian Tanjung, kembali di gelar oleh Pengadilan Negeri Surabaya, hari Senin,(9/10/2017). Di persidangan, tim Jaksa Penuntut Umum yang terdiri dari Kejari,Perak,Surabaya, Anggara, Yusuf Akbar, Didik Yudha, firman dan menyampaikan jawaban yang di awali oleh Anggara, yaitu, atas eksepsi dari terdakwa, menanggapi tentang ujaran kebencian Komnas HAM, tidak berhak menyidik melainkan hanya melakukan pengawasan terkait, upaya-upaya penghapusan etnis atau ujaran kebencian. Dalam materi pokok eksepsi terdakwa, Tim Jaksa Penuntut Umum, menerangkan, Undang-Undang pasal 10, warga negara berhak melaporkan adanya ujaran kebencian ke Komnas HAM,Kepolisian dan Kejaksaan. Selain itu, Jaksa Penuntut Umum di hadapan Majelis Hakim, mengatakan, tidak sependapat dengan Penasihat Hukum terdakwa,yang di anggap nebis in idem.  “Secara yuridis, penuntutan dua kali bisa di katakan tidak bisa di terima surat dakwaan nya saja, selanjutnya, perkara bisa di lanjutkan”, terangnya. Ia menambahkan, penyusunan surat dakwaan yang di susun telah sesuai. “Surat dakwaan telah di susun sudah objektif”, maka Jaksa Penuntut Umum,menyampaikan bahwa alasan eksepsi Penasihat Hukum terdakwa patut di tolak.

Di samping itu, kesimpulan dari Jaksa Penuntut Umum, alasan-alasan syarat secara formil maupun non formil atas nama terdakwa adalah sesuai dengan Undang-Undang dan menolak seluruh eksepsi terdakwa guna perkara bisa di lanjutkan sesuai Undang-Undang yang berlaku.

Di ruang yang lain, usai persidangan salah satu tim Penasihat Hukum terdakwa, saat di konfirmasi, mengatakan, jawaban dari Jaksa Penuntut Umum tidak sesuai dengan kita.
“Dalam eksepsi terdakwa yang kita tekankan bukan terkait wewenang Komnas HAM yang melakukan pelaporan ataupun tupoksi nya sebagai pengawas”. paparnya. Materi pokok, adalah penyampaian terdakwa di masjid adalah bukan tempat umum namun, tempat khusus.
Dari jawaban Jaksa Penuntut Umum, di persidangan tadi tidak di singgung, pungkasnya.   (Met)

 

Related posts

Leave a Comment